Keberhasilan Lockdown Tiongkok Picu Lonjakan IHSG Jumat Pagi

0 5


Jakarta, IDN Times – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dibuka di zona hijau pada pembukaan perdagangan Jumat (27/3) pagi. Sejam sejak pembukaan, posisi IHSG terus menguat dan berada pada level 4.647 hingga pukul 10.30 WIB.

Ada tiga pengaruh utama yang membuat IHSG menguat pagi ini: Keberhasilan lockdown Tiongkok, stimulus pemerintah Amerika Serikat (AS) dan komitmen Bank Indonesia (BI) menjaga stabilitas rupiah.

1. Keberhasilan lockdown Tiongkok

(Ilustrasi lockdown) IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Tiongkok dinilai sukses melakukan lockdown sejak diberlakukan pada 23 Januari sampai 25 Maret di beberapa kota di provinsi Hubei, termasuk kota Wuhan.

Market juga mengapresiasi komitmen kuat dari Tiongkok untuk memerangi wabah COVID-19 dengan cara lockdown yang dianggap berhasil dalam mengurangi jumlah kasus penularan virus tersebut,” kata Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji kepada IDN Times, Jumat(27/3).

Baca Juga: Setelah Libur Nyepi, IHSG Kamis Pagi Menguat 4,70 Persen 

2. Stimulus US$2 triliun AS untuk hadapi virus corona

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Keberhasilan Lockdown Tiongkok Picu Lonjakan IHSG Jumat PagiPresiden Amerika Serikat Donald Trump menyapa pendukung dalam sebuah reli kampanye di North Charleston, South Carolina, Amerika Serikat, pada 28 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Selain itu, Nafan juga menilai market mengapresiasi langkah AS yang menggelontorkan stimulus mencapai US$ 2 triliun atau sekitar Rp32 ribu triliun untuk mengentas virus corona ke perekonomian negara mereka.

Market mengapresiasi program stimulus dari pemerintah AS sebesar US$2 triliun dalam rangka menanggulangi efek negatif COVID-19 terhadap perekonomian AS,” katanya.

3. Langkah Bank Indonesia jaga stabilisasi rupiah

Keberhasilan Lockdown Tiongkok Picu Lonjakan IHSG Jumat PagiSuasana di Bank Indonesia Wilayah Sumsel (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain itu, market sangat mengapresiasi hawkish statement dari Bank Indonesia. “BI berkomitmen kuat untuk menjaga stabilitas rupiah di-support dengan cadev yang memadai,” kata Nafan.

Berdasarkan data IDX, pagi ini IHSG dibuka dengan level 4.411 dan terus mengalami kenaikan. Puncaknya adalah pada pukul 09.05 WIB di mana IHSG menyetuh level 4.669. Kini hingga sekitar pukul 10.30 WIB, IHSG berada pada level 4.647.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com

Baca Juga: Akhir Pekan, IHSG Dibuka di Level 4.453,01 





Sumber : idntimes.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.