Koma 993 Hari, Pemain Ajax Bisa Sadar dan Menonton Sepak Bola

0 3


Jakarta, CNN Indonesia — Pesepak bola Belanda, Abdelhak Nouri, yang mengalami koma setelah jatuh dalam laga uji tanding pada 2017 kembali sadar.

Keluarga Nouri mengonfirmasi pria 22 tahun itu mengalami perkembangan signifikan setelah bangun dari koma.

Menurut sang kakak, Abderrahim, mantan gelandang timnas Belanda U-16 hingga U-19 itu bisa melakukan beberapa kegiatan atau aktivitas.





“Dia tidur, makan, mengerutkan kening, dan bersendawa tetapi kondisinya masih sangat tergantung. Dia bisa melakukan beberapa bentuk komunikasi tertentu, contohnya mengangkat alis. Itu sudah merupakan aktivitas paling bagus baginya,” ujar Abderrahim dalam program De Wereld Draait Door dikutip dari AD.

Abderrahim juga menjelaskan sang adik terkadang beraksi ketika sedang menyaksikan pertandingan sepak bola di rumah.

Sang ayah, Mohammed, mengakui kejadian yang menimpa Abdelhak atau yang biasa dipanggil Appie adalah cobaan berat.

“Kami harus merawatnya sebaik mungkin. Kami mencoba melakukan banyak hal sendiri,” ujarnya.

Abdelhak kolaps di lapangan dan mengalami serangan jantung arythmia pada laga uji tanding pramusim antara Ajax dan Werder Bremen pada Juli 2017. Seketika Abdelhak ditangani tim medis dan diberangkatkan ke rumah sakit.


Di rumah sakit baru terdeteksi Abdelhak menderita kerusakan otak serius dan permanen sehingga memupuskan langkah menjadi pesepak bola profesional.

Rencananya buku berjudul ‘Abdelhak Nouri, Mimpi yang Tak Terpenuhi’ yang ditulis orang kepercayaan keluarga Nouri bakal dirilis besok. (nva)





Sumber : cnnindonesia.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.